top of page
  • Gambar penulisBFU

Tips investasi saham

Diperbarui: 3 Jan 2019

Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang beresiko tinggi. ketika Anda memilih untuk melakukan investasi pada instrumen saham ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut :

  1. carilah saham yang harganya masih murah

  2. pilihalah saham yang bidang usaha emitennya memiliki prospek yang baik paling tidak satu tahun ke depan

  3. kondisi keuangannya sehat

  4. carilah emiten yang rajin membagi deviden

  5. sahamnya likuid dan sering diperdagangkan

  6. jangan berdasarkan rumor atau gosip yang kurang dapat dipertanggungjawabkan

  7. memiliki track record manajemen yang baik dan mumpuni

mencari saham yang murah bukan dengan cara membandingkan dari harga per lembar sahamnya, misalnya saham A seharga Rp.500 per lembarnya, sementara saham B harganya harganya Rp.1000 per lembarnya, sehingga mengasumsikan harga saham A lebih murah dari saham B, jika cara Anda melihat seperti itu sebaiknya Anda segera berhenti segera dengan cara seperti itu.


lebih lanjut, selain memilih saham yang masih murah, saham yang kita pilih juga harus memiliki prospek bisnis yang baik ke depannya, paling tidak satu tahun ke depan, karena dengan prospek bisnis yang baik, maka akan memberikan dampak positif terhadap kinerja dan keuangan perusahaan, yang selanjutnya akan meningkatkan nilai dan harga saham dari perusahaan itu sendiri.


selain itu, ketika memilih saham, kita juga harus mempertimbangkan kesehatan keuangan perusahaan, misalnya hutangnya masih dalam posisi yang wajar dan efektif untuk mendukung kinerja perusahaan, likuiditasnya baik, khususnya dalam memenuhi kewajiban jangka pendek, operationalnya efisien, dan seterusnya.


kemudian kita juga perlu melihat dan mempertimbangkan apakah emiten yang sahamnya akan kita pilih rajin membagi deviden atau tidak, karena deviden selain merupakan tambahan penghasilan bagi investasi kita, emiten yang rajin membagi deviden berarti usahanya lancar dan bagus.


Selanjutnya saham yang akan kita pilih itu sebaiknya likud dan sering diperdagangkan, karena apabila tidak peluang harga untuk naik akan lebih sulit.


dan yang terakhir adalah emiten yang kita pilih harus memiliki track record manajemen yang baik, cara melihatnya ada beberapa cara, misalnya kondisi dan kinerja perusahaan selama lima tahun terakhir.


demikian tips dalam melakukan investasi saham, semoga membantu bagi yang berniat untuk berinvestasi di instrumen saham

36 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page