top of page
  • Gambar penulisBFU

Menghitung Kecepatan, Waktu Tempuh dan Jarak

Kita sering mendengar tentang kecepatan, jarak dan waktu yang dibutuhkan untuk menempuh suatu perjalanan, namun tahukah kamu cara menghitung kecepatan atau jarak atau waktu yang dibutuhkan untuk menempuh suatu perjalanan ?


Dalam menghitung kecepatan, kita perlu memperhatikan dua faktor, yaitu jarak dan waktu.


Simbol kecepatan biasanya diwakilkan dengan V, sementara jarak diwakilkan dengan S dan waktu diwakilkan dengan T, adapun rumus untuk menghitung kecepatan adalah sebagai berikut :


V = S / T

Sementara satuan dari kecepatan adalah km/jam Karena untuk mengetahui kecepatan diperoleh dari jarak dibagi dengan waktu, sementara satuan dari jarak adalah km dan satuan dari waktu adalah jam.


Contoh soal :

Sebuah kendaraan roda empat melaju di jalan tol dengan kecepatan tetap. Dalam 2 jam, mobil tersebut sudah menempuh jarak 150 km, maka berapa kecepatan kendaraan tersebut ?

Jawab :

V = S / T

V = 150 km/2 jam

V= 75 km/jam

maka kecepatan kendaraan tersebut adalah 75 km/jam


Perlu diingat dan dicatat ya :

  1. apabila satuan dari faktor yang dihitung belum sesuai, maka harus dikonversi terlebih dahulu, misalnya informasi satuan waktunya ternyata 120 menit, maka kita konversikan terlebih dahulu menjadi 2 jam (1 jam 60 menit)

  2. bahwa ketika kendaraan tersebut sedang melaju, tidak ada hambatan atau rintangan yang dihadapi, artinya kecepatannya konstan atau tetap, jika terdapat hambatan, maka akan berbeda lagi cari menghitungnya.

Bagaimana jika pertanyaannya dibalik, misal Sebuah kendaraan roda empat melaju di jalan tol dengan kecepatan 75 km/jam. jarak yang harus ditempuh adalah 150 km, maka berapa waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak tersebut ?


Karena V = S/T, maka rumus T = S/V ( 5 = 10/2, maka 2 = 10/5)

T = 150 km

_________

75 km/jam

= 2 jam (satuan km menjadi hilang)


Demikian juga jika yang ditanya adalah jarak, maka hasilnya adalah 150 km


Demikian tentang "Menghitung Kecepatan, Waktu Tempuh dan Jarak", semoga dapat memberikan manfaat bagi kamu, dan jika kamu merasakan manfaat dari artikel ini, maka akan lebih bermanfaat lagi bagi banyak orang jika kamu bersedia membantu membagikannya (share) kepada yang teman kamu yang membutuhkan sehingga penulis memiliki semangat untuk terus menulis dan memberikan ulasan dan analisanya.

71 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Yorumlar


bottom of page