top of page
  • Gambar penulisBFU

Harga emas kembali naik

Setelah mengalami tekanan yang cukup dalam hingga mencapai USD 1.181/troi ons pada pertengahan Agustus 2018, harga emas kembali menunjukan kenaikan pada awal Oktober 2018 ini. Harga emas spot untuk kontrak Februari 2019 di Commodity Exchange naik 0,42% ke level US$ 1.277,20 per troi ons pada Rabu (26/12) pukul 18.30 WIB.


Sumber : Investing.com
Trend Harga kontrak Emas, Investing.com

Trend peningkatan harga emas kembali muncul sejak pertengahan Oktober 2018, beberapa faktor yang mendukung kenaikan harga emas :

  1. perekonomian Amerika yang sepertinya sudah mulai menunjukan perlambatan setelah kondisi ini dialami sebelumnya oleh perekonomian Tiongkok, yang mana kedua negara ini merupakan perekonomian dunia terbesar saat ini.

  2. perang dagang, khususnya antara Amerika dan Tiongkok yang sampai saat ini belum menunjukan kesepakatan final, kondisi ini semakin memperburuk kondisi perekonomian secara global, semakin memicu ketidakpastian ekonomi global dan semakin memberikan tekanan pada perekonomian Amerika dan Tiongkok.

  3. tanda-tanda perlambatan perekonomian Amerika akan membuat The Fed untuk mempertimbangkan laju kenaikan suku bunganya, khususnya untuk tahun 2019, yang sebelumnya laju kenaikannya telah memberi tekanan yang cukup besar terhadap harga emas, pertimbangan The Fed menjadi faktor pendorong kenaikan harga emas sebagai salah satu safe heaven.

kenaikan harga emas diperkirakan akan terus berlanjut paling tidak hingga kuartal I tahun 2019 apabila perekonomian Amerika melanjutkan pelemahannya dan masalah perang dagang antara Amerika dan Tiongkok yang terus berlanjut.


11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page