top of page
  • Gambar penulisBFU

Saham itu apa

Saham merupakan bukti kepemilikan atas suatu perusahaan, layaknya sertifikat tanah yang merupakan bukti kepemilikan atas suatu tanah dan atau bangunan.


Harga saham merupakan cerminan dari nilai dan prospek dari suatu perusahaan, harganya dapat naik ataupun turun, tergantung pada kondisi perekonomian dan keuangan perusahaan yang bersangkutan


Keuntungan memiliki saham suatu perusahaan selain memperoleh capital gain atau selisih lebih harga pasar dengan harga pada saat pembelian, juga dapat memperoleh dividen atas bagi hasil keuntungan perusahaan yang pada umumnya diberikan setiap tahunnya.


Ada beberapa jenis saham yaitu saham biasa dan saham preferen. Saham yang bisa dan dapat kita beli di Bursa Efek adalah saham biasa, saham preferen jarang bahkan tidak pernah diperdagangkan.


Saham biasa pun ada pembagian serinya misal seri A, seri B dan seri C dimana masing-masing seri terdapat kekhususan dalam hal hak voting.


Apabila berdasarkan karakter saham, ada beberapa jenis :


1. Small and middle cap stock

merupakan saham yang berkapitalisasi pasar kecil hingga menengah, biasanya memberikan imbal hasil yang lebih baik dibandingkan dengan yang lainnya


2. Saham spekulatif

spekulatif biasanya diiringi dengan isu dan rumor yang belum tentu benar, apabila Anda pemula dalam berinvestasi saham, sebaiknya dihindari saham jenis ini (ikuti ciri-ciri saham spekulatif pada artikel berikutnya)


3. Blue chips stock

merupakan saham yang berkapitalisasi besar dan terkenal, sudah berkecimpung lama dalam usahanya, memiliki manajemen yang baik


4. Cyclical stocks

merupakan saham yang harganya berfluktuasi, mengikuti perkembangan dan siklus bisnis, biasanya kategori usahanya di bidang pertambangan.


5. Defensive stock

merupakan saham yang cukup tahan terhadap tekanan, terutama dalam kondisi perekonomian yang kurang baik, jika tertekanpun harganya tidak seperti kondisi saham jenis lainnya, biasanya bidang usahanya adalah dibidang yang menghasilkan produk dan atau jasa yang digunakan oleh orang setiap harinya


6. Income stock

merupakan saham yang rajin membagikan hasil usaha berupa dividen, dan biasanya memberikan imbal hasil yang cukup tinggi.


7. Growth stock

merupakan saham yang memiliki ciri-ciri pertumbuhan pendapatan yang cepat dibandingkan dengan jenis saham yang bergerak di bidang usaha lainnya. Volatilitas atau pergerakan harga sahamnya juga lebih bervariasi dibandingkan jenis saham perusahaan lain, misalnya ekspansi bisnis perusahaan tersebut berhasil maka harga sahamnya akan cepat naik begitu juga sebaliknya.


Demikian tentang sekilas tentang saham, untuk diskusi dan pertanyaan silakan kunjungi kami di sini





36 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page