top of page
  • Gambar penulisBFU

Neraca Gas Dunia 2018

Sumber energi yang paling dominan dalam memenuhi kebutuhan manusia dan dunia saat ini secara berurutan adalah minyak bumi, batu bara dan gas alam.

Gas alam merupakan sumber energi yang paling bersih apabila dibandingkan dengan minyak bumi dan batu bara.


Cadangan gas alam sendiri berdasarkan data yang diperoleh dan diolah dari berbagai sumber diperkirakan sekitar 6749.47 TCF (Triliiun Cubic Feet, 1 Cubic foot = 0.028316846592 m3), Negara yang memiliki cadangan gas alam terbesar adalah Iran yang mencapai 1201.4 TCF.



Namun demikian, meskipun Iran memiliki cadangan gas terbesar di dunia, produksi Iran hanya sebesar 5.74 TCF/tahun, atau merupakan urutan terbesar ketiga setelah Amerika yang mencapai 24.06 TCF/tahun dan Rusia yang mencapai 23.65 TCF/tahun

Amerika dan Rusia sendiri menyumbang sekitar 40 % dari total produksi gas dunia.


Lebih lanjut apabila berdasarkan negara konsumen gas terbesar di dunia, pada tahun 2015 Amerika adalah negara konsumen gas terbesar di dunia yang kemudian disusul oleh Rusia yang mencapai 13.83 TCF.


Setelah Amerika dan Rusia, kemudian disusul oleh China, Iran dan Jepang.


Oleh karena itu faktor pertumbuhan perekonomian sembilan negara tersebut di bawah ini dan jumlah produksi gas Amerika, Rusia, Iran, Canada dan Qatar dapat sangat mempengaruhi harga gas dunia.


Demikian artikel ini, semoga dapat memberikan manfaat.




60 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page