top of page
  • Gambar penulisBFU

Menyesuaikan diri atau bertahan ?

Perkembangan tekhnologi dirasakan begitu pesat dan cepat, dahulu untuk angkatan yang kelahiran tahun 1977-an, ketika masih kecil TV yang sering kita tonton masih berbentuk tabung, dilapisi dengan kerangka yang terbuat dari kayu, merubah saluranpun masih menggunakan tombol knob, warnanya pun masih hitam putih, kemudian berkembang menjadi berwarna, kemudian dilengkapi dengan remote kontrol, dan terus berkembang menjadi LCD yang jauh lebih tipis bentuknya, dan terakhir menggunakan LED. Dahulu TV merupakan barang mewah, kini sudah tidak lagi, hampir semua orang memiliki TV di rumah.


Dahulu yang merajai dunia HP sebelum hadirnya android adalah Noxxx, kini posisi itu sudah tidak lagi, padahal produsennya merupakan perusahaan besar, akan tetapi tetap tersingkirkan oleh perkembangan tekhnologi.


Dahulu kalau kita masih ingat, di setiap objek wisata dapat dengan mudah kita temui juru foto keliling, yang hasilnya langsung jadi (polaroid), seiring dengan perkembangan tekhnologi, saat ini HP telah dilengkapi dengan perangkat kamera yang mumpuni, memiliki file softcopy, dapat dengan mudah diedit dan dimodifikasi, kini profesi itu hampir sudah tidak dapat ditemukan lagi.


Dahulu kita sering menonton video dengan menyewa kaset yang masih menggunakan pita, kemudian kaset dengan pita itu digantikan dengan DVD, kini DVD sudah tidak begitu trend lagi meskipun keberadaannya masih dapat kita temukan, dengan hadirnya internet, video berbayar, keberadaannya juga sepertinya sudah tidak akan ada lagi.


Di industri keuangan, saat ini kita sering mendengar kata fintech, jasa keuangan yang didigitalisasi lebih kurang seperti itu, kehadirannyapun telah membuat pelaku usaha di industri keuangan mulai berbenah, melakukan berbagai perbaikan baik itu pelayanannya maupun tekhnologinya, wacana branchlesspun sudah mulai dipertimbangkan guna meningkatkan daya saing dari sisi biaya.


Di bidang infrastruktur, dulu gerbang tol dijaga oleh petugas, kini model seperti itu mulai bergeser, menggunakan tekhnologi berupa uang elektronik (emoney), petugas sudah tidak tampak lagi.


Di industri informasi dan hiburan, dahulu media cetak seperti koran dan majalah masih begitu dibutuhkan, seiring dengan hadirnya internet dan media sosial serta berita online lainnya, kini posisinya mulai tergeser, keberadaanya sudah sangat jauh berkurang meskipun masih saja dapat kita temui beberapa counter yang menjual koran.

Mobil yang dikendalikan tanpa bantuan manusia sedang dilakukan uji coba, pada saatnya nanti orang tidak akan lagi merasa perlu memiliki sebuah mobil, mereka cukup menelpon sebuah mobil, dan akan datang ke lokasi di mana mereka berada, lalu kemudian mengantarkan ke tempat tujuan, jadi tidak perlu lagi repot memarkirkan mobil, dan hanya perlu membayarkan sejumlah uang secara elektronik.


Dahulu, setiap bulan kita akan selalu kedatangan tamu, tujuannya mencatat meteran listrik kita, namun kini jumlahnya jauh berkurang, kini hadir listrik pintar yang menggunakan token, yang dapat kita beli di minimarket atau secara online, meskipun sedikit merepotkan karena harus memasukan sejumlah nomor ke dalam meteran, akan tetapi diyakini tekhnologi ini akan terus berkembang, mungkin saatnya nanti sudah tidak perlu lagi kita memasukan sejumlah angka, tinggal mendebit rekening kita.


Di dunia kesehatan dan rekayasa genetika juga demikian, jasa kedokteran sudah mulai dilakukan digitalisasi, meskipun sifatnya masih sederhana dan bukan untuk tindakan operasi, akan tetapi fungsinya diyakini akan terus mengalami perbaikan dan pengembangan.


dan masih banyak lagi perubahan dan perkembangan tekhnologi yang ada saat ini, dan tidak dapat kita sebutkan satu per satu di sini, tetapi yang hendak disampaikan di sini adalah setiap perkembangan dan perubahan tekhnologi selalu ada dampaknya, seperti profesi dan pekerjaan yang hilang karena digantikan dengan tekhnologi dan robot, semakin hari kehidupan kita akan semakin praktis dan efisien di segala bidang.


Namun yang jadi pertanyaannya adalah, dengan profesi dan pekerjaan kita saat ini, apakah kita sudah siap dengan perubahan itu pada saatnya nanti, khususnya bagi anak cucu kita ? Apakah kita hanya akan berdiam diri melakukan segala sesuatu seperti biasanya atau kita mulai mencari alternatif dan mempersiapkan diri kita dan anak cucu kita dengan ketrampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan kelak.


Keputusannya ada di tangan Anda ! selamat bekerja !



14 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page