top of page
  • Gambar penulisBFU

Kesalahan Saat Mencapai Financial Freedom

Pada umumnya orang memahami bahwa Financial Freedom merupakan suatu kondisi dimana aset yang dimiliki oleh seseorang dapat menghasilkan pendapatan yang jumlahnya jauh melebihi biaya kebutuhan hidupnya sehingga seseorang tidak perlu lagi bekerja keras atau bahkan tidak perlu bekerja sama sekali lagi.


Saat mencapai kondisi itu, tidak perlu lagi bekerja keras atau bahkan tidak perlu lagi bekerja sama sekali merupakan pilihan dan hak masing-masing individu, akan tetapi ketika Anda berpikir dan memilih untuk tidak lagi bekerja keras atau bekerja santai atau bahkan memilih untuk tidak lagi bekerja, maka kami sarankan untuk berpikir ulang atas pilihan itu, kami lebih menyarankan untuk terus bekerja seperti biasa yang pernah Anda lakukan yang telah menghantarkan Anda pada kondisi financial freedom dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki karena beberapa alasan sebagai berikut :

  1. Financial freedom bisa surut atau bahkan hilang, jika kita analogikan sebuah pohon yang menghasilkan buah, kemampuan pohon menghasilkan buah tidaklah akan terus menerus dalam jumlah yang sama setiap waktunya, pohon itu perlu dirawat, merawatnya saja belum tentu menjamin pohon itu menghasilkan buah dalam jumlah yang sama secara terus menerus, apalagi jika tidak dirawat, selain itu produktivitasnya akan menurun seiring dengan umur pohon itu. Sama halnya dengan aset yang kita miliki untuk menghasilkan pendapatan, itu perlu dirawat, jika Anda tidak merawatnya, maka perlahan-lahan akan kehilangan kemampuannya dalam menghasilkan pundi-pundi uang untuk Anda, karena faktor persaingan misalkan, namun jika Anda merawatnya maka aset itu akan terus berkembang dan semakin banyak dan membesar dan akan semakin menghasilkan pundi-pundi yang lebih banyak lagi, dengan terus bekerja merupakan upaya untuk merawat financial freedom itu.

  2. Kehilangan network dan peluang, Anda akan kehilangan network jika memilih tidak lagi aktif atau berhenti bekerja, kehilangan network sama dengan kehilangan opportunity/peluang, karena network merupakan hal yang utama dalam mencapai suatu keberhasilan di bidang ekonomi, tanpa network maka tidak akan ada peluang dalam berusaha dan berbisnis, terutama ketika aset yang menjadikan Anda financial freedom itu mengalami suatu kondisi atau persoalan, network itulah yang akan membantu Anda.

  3. Kebutuhan hidup terus naik, biaya hidup tidak mungkin turun, karena ada yang namanya faktor inflasi, oleh karena itu kemampuan aset Anda dalam menghasilkan pundi-pundi uang juga harus terus dirawat dan dikembangkan agar Anda dapat terus mempertahankan status financial freedom itu, terus bekerja merupakan cara merawat dan mempertahankan aset yang Anda miliki itu.

  4. Pikun dan mudah sakit, jika Anda berhenti bekerja, maka Anda akan lebih mudah mengalami pikun atau penurunan daya ingat, Anda akan lebih mudah mengalami sakit karena kurangnya aktivitas baik aktivitas yang menggunakan pikiran maupun aktivitas fisik, bekerjalah seperti biasa yang pernah Anda lakukan dan atau sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.

  5. Kehidupan sosial mengalami penurunan kualitas, berhenti bekerja secara tidak langsung membatasi dan mengurangi aktivitas Anda dalam bersosialisasi, Anda mungkin bisa kehilangan rekan bisnis yang sekaligus menjadi teman Anda misalnya.

Demikian tentang kesalahan saat mencapai financial freedom, semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda, dan jika Anda merasakan mendapatkan manfaat dari artikel ini, maka akan lebih bermanfaat lagi jika Anda bersedia membantu membagikannya (share) kepada yang Anda kenal sehingga penulis memiliki semangat untuk terus menulis dan memberikan ulasan dan analisanya.


Terima kasih Anda sudah share, Salam profit !

22 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page