top of page
  • Gambar penulisBFU

Harga CPO diprediksi terus naik di 2021


Harga CPO pernah mengalami kenaikan mencapai rekor tertinggi hingga menembus angka lebih dari USD 1250/MT pada awal 2011 namun setelahnya terus mengalami koreksi hingga pernah menembus angka USD 500/MT sekitar awal kuartal ke III tahun 2015. Setelah tahun 2015, harga kembali mengalami kenaikan meskipun belum pernah lagi dapat menembus angka USD 1250/MT sekitar selama dua tahun , yang berdasarkan catatan kami harga rata-rata bulanannya bergerak antara rentang USD 612/MT pada waktu sekitar Januari 2016 hingga USD 825/MT pada waktu sekitar Januari 2017.


Tekanan kembali terjadi sekitar selama dua tahun, harga rata-rata bulanannya bergerak antara rentang USD 535/MT pada waktu sekitar Desember 2018 hingga USD 770/MT pada waktu sekitar Desember 2019.


Jadi sepertinya ada trend dua tahunan setidaknya setelah tahun 2015, meskipun adanya masalah kesehatan dunia berupa virus corona yang menjangkiti banyak negara sejak awal tahun 2020 yang lalu yang cukup memberikan dampak terhadap perekonomian dunia, namun harga CPO kembali mengalami kenaikan, berdasarkan pengamatan yang kami lakukan, harga rata-rata bulanannya bergerak antara rentang USD 574/MT pada waktu sekitar Mei 2020 hingga USD 918/MT pada waktu sekitar November 2020.


Harga CPO diprediksi akan terus mengalami kenaikan setidaknya hingga kuartal II tahun 2021 ini dengan pertimbangan analisa siklus dua tahunan dan beberapa asumsi dan faktor yang dapat mempengaruhi kenaikan harga diantaranya :

  1. Faktor cuaca di negara penghasil CPO terbesar di dunia yang dapat mempengaruhi supply CPO.

  2. Penanganan virus corona yang diprediksi akan mulai menunjukan hasil yang positif setidakya pada kuartal II tahun ini dengan asumsi vaksinasi efektif dan berjalan dengan lancar di semua negara yang tentunya akan memberikan dampak positif terhadap permintaan CPO.

  3. Negara OPEC terus melakukan kebijakan pembatasan produksi minyak mentah setidaknya hingga kuartal II tahun ini.

  4. Tensi perang dagang antara Tiongkok dan Amerika mereda atau setidaknya tidak mengalami peningkatan.

  5. Permintaan kedelai yang tinggi oleh Tiongkok untuk memenuhi kebutuhan peternakan dalam negerinya terus terjadi setidaknya hingga kuartal II tahun ini

Potensi faktor yang disebutkan di atas untuk terjadi memiliki probabilitas yang tinggi, yang akan memberikan dampak positif terhadap harga CPO, diprediksi harga CPO mungkin dapat menembus angka USD 1000/MT tahun 2021 ini.

38 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

תגובות


bottom of page