top of page
  • Gambar penulisBFU

Estimasi kenaikan suku bunga The Fed

Kenaikan atau penurunan suku bunga The Fed sangat memberikan pengaruh terhadap perekonomian global dan Amerika khususnya, pasalnya setiap kenaikan atau penurunan suku bunga The Fed akan mempengaruhi banyak hal, mulai dari perpindahan modal sehinga dapat memberi pengaruh pada nilai tukar mata uang masing-masing negara, daya beli dan laju investasi, hingga dapat memberi dampak kepada harga komoditas.


Perubahan suku bunga The Fed cepat atau lambat biasanya juga akan diikuti oleh bank sentral negara lainnya.


Seperti yang kita ketahui, suku bunga The Fed sudah mengalami beberapa kali kenaikan, akankah berlanjut di tahun 2019 ini ? diperkirakan The Fed akan menahan suku bunganya, paling tidak hingga semester I tahun 2019 hingga kenaikan maksimal 2 kali tahun ini, karena :

  1. belum pastinya penyelesaian masalah perselisihan dagang antara Amerika dan Tiongkok yang telah dimulai awal tahun 2018 yang pada akhir semester II tahun 2018 mulai terlihat dampaknya pada perekonomian kedua negara, perkembangannya bisa saja sewaktu-waktu mengarah ke arah yang lebih buruk, bisa juga ke arah yang lebih baik, meskipun Tiongkok sepertinya lebih memilih jalur negosiasi, jika menuju ke arah yang lebih buruk, tidak tertutup kemungkinan malah terjadi penurunan suku bunga The Fed, jadi sepanjang belum ada kepastian kesepakatan dagang , maka masih ada ketidakpastian ekonomi yang besar, dapat membuat para pelaku ekonomi menangguhkan realisasi rencana investasi, mengurangi tingkat konsumsi dan menekan daya beli, sifatnya akumulasi, sistemik dan melingkar serta seperti bola salju, dampaknya akan semakin membesar.

  2. dengan tingkat suku bunga The Fed yang ada saat ini saja sepertinya sudah akan mulai menahan laju pertumbuhan ekonominya

Demikian perkiraan kenaikan suku bunga The Fed di tahun 2019, untuk diskusi dan pertanyaan dapat diajukan di forum diskusi/klik di sini

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page